Senin, 29 Oktober 2012

Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat



Apa Itu Pelapisan sosial Dan Kesamaan Derajat 

Pelapisan sosial atau di sebut juga Stratifikasi sosial adalah Perbedaan penduduk dari masyarakat ke dalam suatu tingkatan kelas secara bertingkat. Pelapisan sosial dapat di ketahui dalam kehidupan bermasyarakat yaitu dengan munculnya tingkatan atas maupun tingkatan bawah.

Adapun pengertian pelapisan sosial menurut P.J. Bouman, pelapisan sosial adalah golongan manusia yang di tandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu.

Didalam kehidupan bermasyarakat pelapisan masyarakat ini sering muncul karena rasa tidak percaya diri sehingga timbulah perbedaan tingkatan-tingkatan dalam kehidupan bermasyarakat, ada juga tingkatan-tingkatan tinggi yatu mereka yang mempunyai kekuasaan lebih dan memiliki hak-hak yang istimewa di banding dengan tingkatan-tingkatan rendah.
Pelapisan sosial dapat di maksud dengan gejala yang umum dalam suatu masyarakat dimanapun dan kapanpun pasti selalu ada.

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi menyebut bahwa selama dalam masyarakat ada sesuatu yang dihargai, maka dengan sendirinya pelapisan sosial terjadi. Sesuatu yang dihargai dalam masyarakat bisa berupa harta kekayaan, ilmu pengetahuan, atau kekuasaan.

Jadi dapat kita singkatkan bahwa Pelapisan sosial adalah perbedaan tingkatan baik tinggi dan rendahnya suatu kedudukan  seseorang dalam sebuah kelompok, apabila dibandingkan dengan posisi seseorang maupun dengan beberapa kelompok lainnya. Yang menentukan tingkatan tinggi dan rendahnya lapisan sosial seseorang dapat disebabkan oleh macam-macam perbedaan, misalnya kekayaan di bidang ekonomi, nilai-nilai sosial, serta kekuasaan dan wewenangnya.

Mengenai pelapisan sosial di Indonesia contoh kita ini secara tidak langsung terjadi pelapisan sosial antara kalangan tingkat atas dan kalangan tingkat bawah, kalangan atasnya adalah mereka yang memiliki kekuasaan tinggi di pemerintah dan kalangan bawahnya adalah rakyat, kita dapat lihat bahwa perbedaan tingkatan ini begitu jelas, contohnya saja dalam masalah penegakan hukum, kesannya di negeri ini pemerintah hanya lebih penting melindungi orang yang tingkatan duduk di kursi pemerintahan di bandingkan melindungi keadilan rakyat. Menurut kenyataan yang terjadi para pejabat kita ini banyak yang mencuri kesejahteraan rakyat dengan kata lain melakukan Korupsi sangat sulit ditangkap dan di jerat hukum ketimbang rakyat biasa yang melakukan kejahatan misalkan pencurian kecil-kecilan contoh kasus pencurian sandal hukum nya langsung di proses sanagat cepat sekalipun misalkan pejabat negara di tangkap maka mereka diproses sangat lama dan yang mereka huni bukan penjara-penjara biasa, akan tetapi penjara bak hotel berbintang sama hal nya saja dengan penginapan.

Dari kasus di atas terlihat sangat terlihat pelapisan sosial antara tingkatan-tingkatan atas dan tingkatan-tingkatan rendah, dapat terlihat tingkatan-tingkatan atas mempunyai wewenang lebih dan kekuasaan lebih besar ketimbang  tingkatan  rendah, dan kesannya semuanya dapat di beli dengan uang termasuk juga dengan keadilan.

Kesamaan derajat adalah suatu sifat yang menyatukan antara sifat manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya apabila orang sebagai anggota masyarakat lebih memiliki hak dan kewajiban, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara. Hak dan kewajiban sangat penting diterapkan dalam perundang-undangan atau Konstitusi. Undang-undang sangat berlaku bagi semua orang dalam arti semua orang memiliki tingkatan kesamaan derajat yang sama. Kesamaan derajat sama dengan hak yang diberikan dalam beberapa faktor sebuah kehidupan.
Pelapisan sosial dan kesamaan derajat mempunyai suatu hubungan, kedua nya ini berkaitan satu sama lain. Pelapisan soasial berarti perbedaan antar tingkatan dalam masyarakat yaitu antara tingkatan tinggi dan tingkatan rendah, sedangkan Kesamaan derajat adalah sesuatu yang dapat membuat bagaimana seluruh masyarakat ada dalam tingkatan yang sama tidak ada  perbedaan hak kekuasaan dan memiliki hak yang sama  sebagai warga negara, sehingga tidak ada dinding pembatas antara kalangan tingkatan atas maupun kalangan tingkatan bawah.

Opini :
Menurut saya pelapisan sosial dalam kehidupan bermasyarakat alangkah lebih baiknya diantara masyarakat menghilangkan rasa ego atau tingkatan derajat  supaya tidak terjadi lagi ketidak adilan di negeri ini dan tidak ada lagi pihak-pihak yang lebih di untungkan dan pihak yang lebih di pentingkan, yang ada hanya kesamaan hak pada masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar