Rabu, 10 Oktober 2012

Tentang worm pada komputer

Worm Komputer

Worms 
Worm dapat disamakan dengan virus akan tetapi worm ini tidak memerlukan carrier dalam hal ini program atau suatu dokumen. Worm dapat memperbanyak dirinya sendiri dengan mengunakan jaringan komunikasi antar komputer untuk menyebarkan dirinya. Banyak virus seperti MyDoom atau Bagle bekerja seperti layaknya worm dan menggunakan e-mail untuk mem-forward dirinya sendiri kepada pihak-pihak lain.
Contohnya :


1.  Memperlambat e-mail
Virus worm ini sering kali menyebar melalui sebuah e-mail, seperti virus Sobig, dan mampu membuat trafik e-mail yang sangat besar sehingga akan membuat server menjadi lambat atau bahkan menjadi crash. 
2.      Mencuri data konfidental
Worm Bugbear-D contohnya, mampu merekam keystroke keyboard anda, termasuk password dan lain sebagainya. Rekaman yang dibuat tadi biasanya akan dikirim ke pembuat virus ini untuk dimanfaatkan lebih lanjut.
3.   Menggunakan komputer anda untuk menyerang suatu situs
MyDoom contohnya, Virus worm ini menginfeksi banyak komputer di seluruh dunia untuk menyerang situs SCO dengan traffic data yang sangat besar. Ini akan membuat sebuah situs tersebut akan terbebani dan akhirnya akan crash dan tidak dapat melayani pengguna lainnya. Ini sering dinamakan dengan denial of service.
4    Membiarkan orang lain untuk membajak komputer anda
Beberapa virus menempatkan trojan backdoor pada sebuah komputer dan ini akan membuat si pembuat virus dapat terhubung ke suatu komputer tersebut secara diam-diam dan dapat dimanfaatkan lebih lanjut sesuai dengan keinginannya.
5.   Merusak data
Virus Compatable contohnya, dapat merubah perubahan pada data yang ingin anda simpan pada dokumen MS Excel.
6. Menghapus data
Virus Sircam contohnya, untuk menghapus atau meng-overwrite hardisk anda apabila pada suatu waktu tertentu yang tidak terduga.
7.   Men-disable hardware
Virus CIH atau Chernobyl contohnya, biasanya untuk meng-overwrite chip BIOS pada tanggal 26 April dan akan membuat komputer anda gunakan akan menjadi tidak berfungsi.
8.  Menimbulkan hal-hal yang aneh dan mengganggu
Virus worm Netsky-D contohnya, dapat membuat sebuah komputer berbunyi beep secara spontan atau tiba-tiba akan bunyi untuk beberapa jam lamanya.
9.  Menampilkan pesan tertentu
Virus Cone-F contohnya, akan menampilkan sebuah pesan berbau politik jika bulan menunjukkan bulan Mei.
10. Merusak kredibilitas Anda
Jika virus mem-forward dirinya sendiri dari komputer anda maka komputer pelanggan atau komputer rekan bisnis anda, maka hal ini dapat membuat reputasi anda sebagai suatu organisasi dan mereka akan tidak ingin melanjutkan hubungan bisnis dengan anda atau malah menuntut kompensasi dari pihak anda.
11.   Membuat malu Anda

      Virus PolyPost contohnya, akan memposting sebuah dokumen dan nama anda pada sebuah newsgroup yang berbau  sifat pornografi 
12.  I-Worm/Happy99(Ska), I-Worm/ExploreZIP, I-Worm/PrettyPark, I-Worm/MyPics


Tidak ada komentar:

Posting Komentar