Kamis, 11 Oktober 2012

Individu Keluarga dan Masyarakat

 Apa Itu Individu Keluarga Dan Masyarakat

Pada awalnya manusia yaitu makhluk Sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri karena dalam kehidupannya manusia selalu di hadapkan dengan adanya kenyataan karena selalu memenuhi kebutuhan yang  jelas hal ini harus ada interaksi antara manusia satu dengan manusia lainnya, karena manusia mempunyai memiliki naluri untuk saling berhubungan dengan orang lain yang disebut “Gregariousness”.

Manusia sebagai makhluk individu bukan berarti manusia yang hidup sendiri tanpa orang lain, akan  tetapi manusia sebag ai makhluk individu atau diartikan dengan  tingkah polahnya bersifat spesifik dari dalam dirinya bukan  lagi mengikuti tingkah polah layak harus ramai atau umum. Seseorang manusia pasti akan mengubah sifat keindividuannya apabila dia sedang berinteraksi dengan manusia lainya dalam kelompok. Dalam  manusia sebagai kehidupan makhluk individu selalu di hadapkan  dengan konflik, karena sifat  tingkah laknuya selalu atau  adanya  bertentangan dengan peranan yang dituntut oleh kelompok/masyarakat.
Pertumbuhan  individu pastinya memilki sebuah  proses perkembangan dan pertumbuhan lahir maupun batin, pertumbuhan ini memiliki tujuan kearah yang lebih maju, lebih dewasa. tetapi pertumbuhan itu tergantung dari beberapa factor :
1.  Faktor keturunan dari individu itu sendiri yang dibawanya mulai dari sejak lahir
2.  Faktor lingkungan, yaitu tempat dimana seorang individu banyak melakukan interaksi dengan individu lain
3.  Faktor pembawaan lahir dan juga faktor lingkungan, keduanya merupakan yang paling sering berperan
Adapun tahap-tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi :
·                     Masa vital yaitu dari usia 0 tahun sampai 2 tahun
·                     Masa estetik dari usia 2 tahun sampai 7 tahun
·                     Masa intelektual dari usia 7 tahun sampai 14 tahun
·                     Masa sosial dari usia 13/14 tahun sampai 20/21 tahun
Keluarga adalah sekelompok manusia yang menempati suatu tempat atau tempat yang di tinggalnya, atau anggota terkecil dalam kehidupan masyarakat yang setiap hari melakukan sebuah  interaksi. Keluarga sering disebut sebagai Primary Group, karena dari sinilah terbentuknya seorang individu bisa menghasilkan berbagai macam-macam bentuk kepribadian.
Adapun fungsi-fungsi keluarga yaitu :
1.  Funsi Biologis
2.  Fungsi Ekonomi
3.  Fungsi Keagamaan
4.  Fungsi Pemeliharaan
5.  Fungsi Sosial

Masyarakat adalah sebuah kelompok dimana adanya ke hidupan bersama dalam membentuk sebuah anggota dalam kehidupan sosialnya yang telah di atur  karena memiliki sebuah aturan sosial yang dapat menjadi suatu  tradisi dan dapat mengatur kehidupannya. contohnya kita mengenal masyarakat kota, masyarakat desa, dan lain-lain.
Dalam perkembangan dan pertumbuhannya masyarakat dapat digolngkan menjadi beberapa bagian :
1.  Masyarakat sederhana, dalam lingkungan masyarakatnya menjadi beberapa  pola pembagian kerja yang cenderung dibedakan menurut jenis kelamin
2.  Masyarakat maju, memilki berbagai macam aneka ragam kelompok sosial atau lebih dekenal dengan sebutan organisasi
·                 Masyarakat non industri, pada tingkatnya ini dapat dibedakan  menjadi dua kelompok yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.  kelompok primer lebih erat dan lebih akrab dibandingkan kelompok sekunder karena dalam  kelompok sekunder memiliki kerjanya sendiri berdasarkan keahlian dimilik unsur terpaksa dalam melakukan peranannya.
·          Masyarakat industri,  contohnya pedagang-pedagang kecil, dan lain-lain. Manusia sebagai makhluk individu, akan tetapi  manusia dalam keluarga dan manusia dalam  masyarkat mempunyai keterkaitan dalam  hal berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat, itulah yang menyebabkan kenapa manusia tidak dapat hidup menyendiri atau individu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar