Kamis, 11 Oktober 2012

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

Apa Itu Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk adalah Kumpulan manusia yang menempati  suatu wilayah tertentu atau ruang  tertentu dan menduduki dalam suatu wilayah, sehingga tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu.
Masyarakat adalah sebuah kelompok dimana adanya ke hidupan bersama dalam membentuk sebuah anggota dalam kehidupan sosialnya yang telah di atur  karena memiliki sebuah aturan sosial yang dapat menjadi suatu  tradisi dan dapat mengatur kehidupannya. Hal yang di pentingkan dalam masyarakat yaitu aturan sosial, tanpa adanya aturan sosial kehidupan bersama dalam kehidupan di masyarakat tidak akan terjadi secara teratur. Aturan sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur  sebuah peranan serta hubungan suatu anggota masyarakat, baik secara individu maupun secara kelompok atau bersama.
Kebudayaan adalah perilaku yang kita pelajari dari hasil budi daya manusia, yang mendefinisikan menjadi semua hasil cipta masyarakat, hasil karya dan rasa.  Seseorang tidak dapat dilahirkan dengan adanya kebudayaan, kebudayaan itu bersifat universal, setiap manusia memiliki kebudayaan masing-masing yang di hasilkan melalui usaha dan  melalui belajar secara biologis. Karya manusia ini dapat  memberikan hasil teknologi dan kebudayaan , sedangkan rasa mewujudkan dengan norma dan nilai untuk mengatur sebuah kehidupan dan hasil cipta merupakan kemampuan berpikir dari kemampuan mental yang menghasilkan suatu filsafat dan dari ilmu pengetahuan juga. 

Maka dari itu apabila Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan digabungkan  menjadi suatu konsep dimana menjadi suatu hubungan satu sama lain. Penduduk yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah dalam waktu yang tertentu, dan akan  menjadi  terbentuknya suatu masyarakat di wilayah tertentu. Dengan demikian  hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini bersifat hubungan dwi tunggal, yang dimaksud kebudayaan adalah hasil dari suatu masyarakat. Kebudayaan dapat berkembang terlahir, tumbuh, dan menjadi terbentuknya suatu masyarakat, sebaliknya tidak mungkin suatu masyarakat tidak didukung oleh kebudayaan. Maka dari itu, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan hubungan yang saling bersamaan
Contohnya: Seperti di Negara kita Indonesia yang memiliki penduduk terbanyak dan memiliki sebuah kelompok masyarakat dengan memiliki kebudayaan yang berbeda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar