Sabtu, 14 Maret 2015

Peran Bahasa Daerah Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia

Peran bahasa daerah menurut saya mulai berkurang secara resmi pendidikan yang kita pelajari yaitu bahasa Indonesia , karena bahasa Indonesia memerlukan beberapa pengembangan dari beberapa kata dan istilah.Bahasa Indonesia memiliki kekayaan dalam kosakata sehingga memberikan kelebihan peradaban bangsa kita sendiri. Dan bahasa Indonesia sendiri telah bercampur dengan bahasa asing seperti Bahasa Arab, Inggris, Mandarin dll. Selain bahasa asing bahasa Indonesia sendiri tercampur dengan bahasa daerah maupun lokal. Sedangkan bahasa lokal di Indonesia cukup tinggi di gunakan , dan bahasa daerah sendiri biasa di gunakan oleh suku yang bersangkutan seperti bahasa adat , biasany bahasa ini di gunakan di daerah perdalaman (desa) , maupun kota-kota kecil.

Perkembangan , pertumbuhan  serta kelestarian bahasa tersebut sangat tergantung dari penutur maupun penggunanya , biasanya di pergunakan untuk bahasa sehari-hari maupun saat sedang berkumpul . Apabila penutur bahasanya banyak yang menggunakan maka anak-anak kitapun dari yang masih kecil hingga dewasa akan mengikuti bahasa yang di gunakan hingga jangka panjang
 , Sedangkan bahasa yang digunakan apabila penutur bahasanya sedikit dan jarang di gunakan maka bahasa daerah akan hilang secara perlahan dan akan musnah bahasa tersebut.

Bahasa daerah yaitu unsur terbentuknya budaya daerah dan sekaligus budaya nasional. Apabila satu persatu bahasa nasional tidak di gunakan maka benteng bahasa secara perlahan akan runtuh yang menyebabkan kata-kata dan kebudayan nasional menghilang , inilah yang di takuti .Interaksi budaya mengakibatkan kosakata bahasa-bahasa lokal masuk ke dalam pemakaian bahasa Indonesia. Penutur bahasa Indonesia yang berlatar belakang bahasa ibu turut mencoraki perkembangan kosakata bahasa Indonesia. Bahasa lokal yang memiliki tradisi tulis-menulis serta memiliki penutur bahasa dalam jumlah besar memiliki pengaruh besar terhadap bahasa Indonesia.
Pengaruh urbanisasi sangat besar terhadap pengucapan kosakata terhadap bahasa lokal ke dalam bahasa Indonesia. Orang-orang perantau biasanya tidak bisa meniggalkan bahasa adatnya sehingga logat nadanya pun kebawa juga, sehingga kosakata dalam bahasa lokal nyatak sengaja terlontar. Terdapat ratusan bahasa lokal maupun ribuan karena semakin berkembangnya waktu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Umumnya bahasa lokal mewakili suatu suku, namun keragaman budaya tak jarang membuat sebuah suku memiliki berbagai jenis bahasa lokal. 

Beberapa kelebihan bahasa lokal antara lain adalah:
1. Komunikasi antar sesama suku dapat berjalan lebih akrab sehingga rasa persaudaraan akan lebih terjalin,
2. Bahasa lokal tidak bersifat kaku karena bukan bahasa resmi.

Sedangkan kelemahan bahasa lokal adalah :
1.Dapat menimbulkan kesalahpahaman jika bahasa lokal dilontarkan secara tidak sengaja di hadapan orang yang tidak mengerti, dan
2. Bahasa serapan dari bahasa lokal sulit dipelajari orang asing karena berbeda dialek.

Posisi bahasa lokal adalah sebagai penunjang bahasa Indonesia. Sebab mayoritas kosakata bahasa Indonesia yaitu sebagai serapan dari bahasa-bahasa lain terutama bahasa daerah tersebut, sehingga bahasa Indonesia sering disebut sebagai bahasa persatuan negara Indonesia. Apakah jadinya sebuah bangsa yang tidak lagi memiliki kebudayaannya ? Bangsa kita akan terjebak menjadi bangsa tanpa kepribadian yangtidak percaya diri menggunakan bahasa aslinya tinggal. Hal ini jelas akan memperlemah tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara ini akan menjadi negara yang gagal (the fail state). Dengan demikian bahasa daerah maupun bahasa nasional memiliki peran yang sangat penting bagi berdirinya negara kita sendiri. Oleh karena itu, di samping penguasaan bahasa nasional maupun internasional dalam rangka menghadapi globalisasi percaturan global, maka setiap anak bangsa harus sadar untuk turut melestarikan bahasa lokal alias bahasa daerah. Caranya tidaklah terlalu sulit, mari kita kembali bangga menggunakan bahasa daerah.

Referensi : http://www.bimbingan.org/bahasa-daerah.htm
                  http://ryanrenaldii.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar