Selasa, 28 April 2015

Teori-Teori tentang Laporan

Fungsi Dasar Teori

Dasar teori dalam sebuah laporan atau karya ilmiah memiliki beberapa fungsi,diantaranya :

1. Dalam Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif,dasar teori berfungsi sebagai bahan atau objek yang diuji secara detail.Sering kali penelitian metode ini menggunakan satu atau beberapa teori untuk diujikan dengan maksud tujuan untuk memberikan bukti apakah sebuah teori masih relevan digunakan atau tidak sama sekali.

2. Dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dasar teori berfungsi sebagai utama atau tongkat acuan dalam sebuah penelitian. Hal ini bertujuan karena yang bersifat kualitatif adalah untuk mengembangkan sebuah teori-teori yang telah ada.

3. Dasar teori juga dapat digunakan sebagai pusat peneliti untuk menyusun rancangan sebuah kerangka penelitian. Kerangka pemikiran terdiri dari pemikiran-pemikiran peneliti berdasarkan konsep maupun fakta yang ditemukan di lapangan.

4. Dasar Teori dapat digunakan untuk membantu peneliti dalam menjawab suatu permasalahan yang berkaitan dengan penelitianya yang terdapat di lapangan.

Unsur-Unsur dalam Dasar Teori

Setelah kita mengerti apa itu dasar teori dalam laporan,kita juga dapat mengetahui apa hal-hal yang menjadi suatu unsur penyusun dari sebuah dasar teori tersebut. Dasar teori pada dasarnya bertujuan untuk meneliti pengkajian untuk meneliti sebuah laporan yang sedang di jalankan.

Dalam landasan atau dasar teori biasanya terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut :

1. Bahasan Teori
yaitu membahas teori-teori yangdi pusatkan sebagai acuan dalam penulisan dalam laporan

2. Kerangka Keilmuan atau Pemikiran
 setelah kita membahas toeri-teori yang mendasari sebuah penelitian ,langkah berikutnya yaitu membuat argumentasi atau kerangka pemikirannya .Unsur ini disusun dan di rancang sesuai hasil pemikiran peneliti atau penulis tersebut.

3. Ajuan Hipotesis

Unsur lainya dalam dasar adalah ajuan hipotesis. Hipotesis termasuk sebagai suatu anggapan atau praduga sementara dari seorang peneliti terhadap berbagai masalah terhadap objek permasalahan sehingga penelitian tersebut harus di uji kebenaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar